Thursday, April 03, 2014

ARTI DARI APPETIZER, MAIN COURSE, DESSERT



Hidangan pembuka ( Appetizer )
Makanan pembuka (appetizer) adalah Makanan atau minuman yang merangsang selera (biasanya dilayani sebelum makan atau sebagai yang pertama saja).
Hidangan pembuka atau dalam bahasa inggris disebut appetizer dan dalam bahasa Perancis dikenal dengan istilah Hor’s D’oeuver. Appetizer atau hidangan pembuka di sajikan dengan porsi kecil/satu atau dua gigitan (bit size). Sebagai hidangan pembuka appetizer berfungsi merangsang nafsu makan dan disajikan sebagai hidangan pertama sebelum menikmati hidangan yang lainnya. Komposisinya sebanyak 50 – 75 gram

Makanan utama(main course)
Makanan utama(main course)adalah hidangan pokok, Main course adalah Hidangan pada waktu lunch atau dinner, ukuran porsinya lebih besar dari appetizer. Main course disebut juga main dish atau groce piece. Komposisi Makanan Utama (main course)
Komposisi hewani 175 – 225 gr, Sayuran 75 gr, dan garniture atau kentang 75 gr, saus 50-95 cc


Hidangan penutup ( dessert )
Makanan penutup merupakan makanan yang disajikan pada akhir penyajian., yang merupakan bagian standar dari makanan Barat, merupakan perkembangan yang relatif baru. Sebelum kebangkitan orang kelas biasa pada abad 19 dan penggunaan mesin pada industri permen, permen lebih merupakan prioritas dari kaum aristrokat atau makanan musim liburan yang sangat jarang. Ketika gula menjadi lebih murah dan lebih dapat diperoleh, perkembangan dan popularitas dari hidangan penutup. Kata hidangan penutup sendiri merupakan pengalih bahasaan dari kata dessert di bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Perancis Kuno desservir yang artinya “untuk membersihkan meja”. Kata dessert sering digunakan pada Inggris-Hiberno, American English, Canadian English, Australian English dan bahasa Perancis.
Hidangan penutup (dessert) adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama (main course) sebagai hidangan penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut. Dessert biasanya mempunyai rasa manis dan menyegarkan, terkadang ada yang berasa asin atau kombinasinya.
Fungsi dessert dalam giliran hidangan (courses) adalah sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama (main course) yang terkadang mempunyai aroma atau rasa yang amis serta menghilangkan rasa enak. Pada awalnya hidangan dessert yang disajikan berupa buah-buahan yang segar tanpa proses pengolahan. Seiring dengan perkembangan zaman, hidangan dessert mulai bervariasi dengan mengambil dasar (basic) dari beberapa hidangan seperti cake, pie, ice cream dan sebagainya yang dipadukan dengan sauce, buah, syrup, cream atau perpaduan antara bahan dasar, sehingga menciptakan hidangan dessert yang lezat dan menarik.
Jenis hidangan yang digunakan sebagai dessert dapat dihidangkan secara tersendiri diluar dari susunan menu. Seperti untuk hidangan teman minum teh, sebagai snack, petit four, hantaran, dan lain sebagainya. Komposisinya sebanyak 100 – 120 gram
Posted by TUGAS GURU SEKOLAH

5 comments:

  1. Wah makasih ya informasi nya, sangat bermanfaat buat saya yg awas istilah ini. Sekarang saya jadi tambah ilmu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jasa sadap handphone. berbagai fitur dan berbagai tipe HP.

      Bisa untuk HP :

      - IPHONE.
      - ANDROID.
      - NOKIA.
      - BLACKBERRY.
      - WINDOWS PHONE & MOBILE

      (Sadap data komunikasi)


      - SADAP PANGGILAN SUARA
      - SADAP SMS & MMS
      - SADAP FOTO/ VIDEO
      - SADAP EMAIL
      - SADAP SUARA SEKITAR
      - SADAP CHAT FACEBOOK
      - SADAP WHATSAPP, LINE, TELEGRAM, SKYPE
      - SADAP BBM (BLACKBERRY MESSENGER)
      - SADAP LOKASI

      Kunjungi: PENYADAP.COM

      Delete
  2. ya yang saya tahu appetizer itu mah kek makanan makanan pembuka tapi ya berkat informasi nya jadi tahu appetizer dari mana
    togel online

    ReplyDelete