Monday, March 31, 2014

Kriptografi

Pendahuluan

Di dunia komputer saat ini, kriptografi sangat diperlukan baik untuk menyimpan atau mengirimkan data. Algoritma kriptografi untuk mengenkripsi data dapat menjamin keamanan dan keutuhan dalam proses pengiriman dan penyimpanan data sehingga data tetap rahasia dan hanya dapat diakses oleh orang tertentu. Proses dalam kriptografi dilakukan dengan cara mengenkripsi data mengggunakan kunci tertentu menjadi chiperteks sehingga isinya tidak dapat diakses. Untuk mengakses data yang asli, harus dilakukan proses dekripsi terhadap cipherteks dengan kunci yang sama ketika proses enkripsi. Setelah proses dekripsi selesai, maka data yang asli akan dapat diakses dengan utuh.

Jenis cipher yang umum dipakai dalam proses enkripsi/dekripsi data di komputer biasanya adalah jenis cipher blok(block cipher) dan cipher aliran(stream cipher). Cipher blok adalah jenis cipher yang melakukan proses enkripsi/dekripsi dengan membagi bit-bit data menjadi beberapa blok bit yang panjangnya sudah ditentukan, sedangkan cipher aliran melakukan proses enkripsi/dekripsi terhadap masing-masing bit tunggal dari bit-bit data. Sebagian besar cipher aliran yang ada sekarang mempunyai kelemahan baik di bagian kuncinya mudah dipecahkan maupun di performanya yang buruk terhadap komputer.
Dari beberapa kelemahan yang telah disebutkan di atas maka kami membuat model enkripsi baru dengan karakter huruf Wingdings3. Dengan harapan model enkripsi baru lebih simpel tetapi lebih aman dibanding dengan model algoritma yang lain, dikarenakan belum banyak orang mengenal karakter huruf Wingdings3.

 

Pembahasan

Dalam tugas akhir mata kuliah kriptografi ini kami menggunakan karakter huruf Wingdings3 yang di dalamnya terdapat 25 karakter dan juga diimplementasikan ke rumus three, kami memilih menggunakan karakter huruf Wingdings3 karena karakter huruf Wingdings3 hanya mampu dipahami oleh beberapa golongan, sehingga untuk segi keamanan akan lebih besar. Untuk dapat melakukan enkripsi harus tahu font Wingdings3.
Algoritma  Wingdings3 CIPHER adalah algoritma untuk melakukan enkripsi dan dekripsi data menggunakan konsep karakter huruf Wingdings3. Untuk melakukan proses enkripsi dan dekripsi dalam algoritma Wingdings3 CIPHER ini dilakukan dengan cara menggantikan kata asli ke huruf Wingdings3 setelah itu diimplementasikan ke table rumus three, yang mana rumus three ini dibuat dengan cara mengurutkan langkah 3 huruf abjad dari A-Z yang ditulis huruf awal dan akhir saja. Akan tetapi sebelum diimplementasikan ke rumus three huruf hasil enkripsi diubah ke huruf abjad setelah itu baru diimplementasikan ke dalam rumus three. Hasilnya di ubah lagi ke huruf Wingding3, barulah jadi enkripsi. Dikripsinya dilakukan dengan cara melakukan urutan cara enkripsi.    
Berikut adalah bentuk tulisan dan susunan karakter huruf Wingdings3

Selengkapnya : KLIK 


Posted by TUGAS GURU SEKOLAH

1 comment:

  1. Mau Dapat Cuan Dari Zeusbola?
    Lansung Cek Ke Zeusbola Yak!
    Ada Promo Terbaru Lohh!

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607








    y

    ReplyDelete