Friday, April 11, 2014

MAKALAH SEJARAH ISLAM DAN KEBUDAYAAN DI INDONESIA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
     Di mulainya masa islam setelah mundurnya kejayaan islam oleh dinasti abbasiyah, islam pun berkembang dan tersebar ke seluruh penjuru negeri sampai ke nusantara. Perkembangan tersebut sangat ekstrem ketika masuk ke nusantara dikarenakan berbagai corak agama yang sangat melekat pada setiap suku di sana. Di antaranya sebagaimana contoh ketika masuknya islam ke daerah Demak telah mengakibatkan kemunduran kerajaan majapahit. Hal tersebut terjadi, karena budaya yang berbeda dengan agama yang dianut kerajaan majapahit sebelumnya yang pada mulanya adalah Hindu dan Budha. Sehingga mengakibatkan hilangnya kepercayaan dari mayoritas penduduk yang masih teguh dengan kepercayaan mereka. Walupun tak sedikit dari golongan mereka yang akhirnya dengan berfikir rasional mereka menemukan bahwa islam merupakan agama yang patut di akui.
     Bila kita tilik dari contoh permasalahan di atas, membuat kami sebagai pemakalah ingin menuntaskan problematika tersebut pada makalah kami yang bertemakan “islam dan kebudayaan di indonesia” ini dengan penalaran yang rasional dan historis. Adapun isi makalah yang akan kami terangkan secara rasional yakni bagaimana kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, cipta masyarakat.karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat di abadikan untuk keperluan masyarakat.
     Selanjutnya pula akan kami sampaikan pada makalah kami ini tentang beberapa kebudayaan seperti halnya kebudayaan Hindu Budha, bahwasannya tidak hanya kebudayaan hindu dan budha kebudayaan Islam pun menimbulkan pengaruh yang besar. Masuknya pengaruh Islam jelas akan menambah khasanah budaya Indonesia. Oleh karena itu pengaruh agama Islam sulit untuk dihilangkan. Kebudayaan Islam menimbulkan pengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Masyarakat mudah menerima pengaruh tersebut. Akibatnya timbulah berbagai macam corak kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Berbagai kebudayaan yang dihasilkan beraneka ragam seperti sastra, pertunjukan, masjid, makam, kaligrafi, seni pahat, sosial kemasyarakatan,upacara dan sistem pemerintahan.
 B. Rumusan Masalah
     Ketika mencakup sebuah masalah tentang islam dan kebudayaan di indonesia, tentunya kita akan berfikir di manakah letak yang paling berpengaruh dalam perjalanan islam untuk memasuki sebuah negeri yang penduduknya kala itu masih sangat lekat dengan budaya mereka dan kepercayaan yang mereka anut. Dan kita pula tentunya akan memiliki banyak tanda tanya besar mengapa islam bisa masuk ke budaya indonesia. Seperti apakah budaya mereka sehingga mampu diterima secara lapang oleh para penduduk. Dan yang perlu di garis bawahi, bagaimana islam hingga saat ini masih sangat berpengaruh dan telah menjadikan mayoritas penduduk di indonesia menganut ajaran tersebut? Peninggalan apakah yang sampai saat ini masih terjaga sehingga begitu kuatnya islam di bumi pertiwi kita ini?.
C. Tujuan Makalah
     Dengan tema islam dan kebudayaan di Indonesia, kami harapkan pembaca dan teman – teman dapat mengambil manfaat dari makalah yang kami ajukan sebagai pelengkap nilai tugas kami pada mata pelajaran pengantar studi islam. Dan khususnya bagi pemakalah sendiri semoga bisa mengambil manfaat pula dari makalah yang kami ulas. Yakni dengan pemahaman yang dapat kami tangkap dari buku – buku pengantar dan sejarah islam ketika masuk ke indonesia. Dan yang paling utama tujuan kami ialah pembaca dapat mengkritisi dan menjadikan titik temu antara ilmu dan rasa ingin tahu pembaca.sehingga menghasilkan pengetahuan baru tentang apakah itu islam dan apakah itu kebudayaan?. Mengapa keduanya begitu sinkron dan lekat satu sama lain. Tetapi semuanya telah kami rangkum dalam makalah ini sehingga dari pembahasan ini semoga kita semua terutama kami selaku pemakalah mampu menjadi implementasi atau batu lonjakan untuk menuju pemahaman yang absolute dan universal.
     Demikian tujuan dari makalah kami dan sekaligus sebagai penutup dari pendahuluan yang dapat kami utarakan pada makalah ini. Mohon segala kekurangan dan kesalahan pada makalah menjadi intropeksi pemakalah. karena segala kebenaran hanyalah milik sang penguasa alam semesta. Dan adapun kami adalah sebagai pelengkap jalan dari pada kebenaran tuhan tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejarah Islam dan Kebudayaan di Indonesia
     Agama islam pertama masuk ke Indonesia melalui proses perdagangan, pendidikan, dll. Tokoh penyebar islam adalah walisongo antara lain; Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Muria, Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Drajat, Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim).

     Pada tahun 30 Hijriyah atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, Khalifah Utsman ibn Affan R.A. mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum lama berdiri. Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini, para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah.



SELENGKAPNYA : KLIK 
Posted by TUGAS GURU SEKOLAH

1 comment:

  1. ayo bergabung dengan zeusbola khusus new member dapat bonus, tanpa ribet
    semua di berikan tanpa ribet pelayanan terbaik 24 jam.


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607

    #zeusbolaterbaik #terpercaya #slotonline #jackpot





    ReplyDelete