Thursday, July 17, 2014

CATATAN GUE - 05

Takut adalah sebuah perasaan di mana seseorang menjadi tidak sanggup dan tidak berani menghadapi atau melakukan sesuatu karena resiko tertentu. Contohnya, ada orang yang takut rugi, ia tidak berani berdagang ada orang yang takut gagal ujian, ia tidak mau ikut tes.

Sebenarnya, rasa takut/kekhawatiran tersebut akan sesuatu adalah hal wajar, bila yang ditakutinya adalah sesuatu yang pantas ditakuti. Sebaliknya, takut akan bermasalah bila yang ditakutinya sesuatu yang tidak patut ditakuti. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar mengelola rasa takut."

Seringkali yang menyebabkan rasa takut itu ada disebabkan penempatan rasa takut yang tidak tepat, yang akhirnya membuat orang tersebut menjadi hanya berdiam diri dan tidak mau berbuat banyak.

Sebenarnya, rasa takut/kekhawatiran tersebut akan menjadi hal yang positif jika dikelola dengan baik. Contohnya, seorang yang ingin berbisnis. Iia ingin bisnisnya sukses dan takut merugi. Kemudian, `perasaan takut’ itu ia kelola dengan baik sehingga membuat dia menjadi lebih berhati-hati, lebih banyak persiapan, lebih banyak perhitungan, lebih banyak mencari ilmu tentang berbisnis, dan lebih gigih dalam berusaha, serta pantang menyerah.

Posted by TUGAS GURU SEKOLAH

No comments:

Post a Comment